Tidak tahu kenapa, dalam beberapa kesempatan berkomunikasi dengan banyak orang akhir-akhir ini, ada satu tema yang dominan dan menyeruak ke permukaan, yaitu tentang kelanjutan studi setelah menyelesaikan program master di Hiroshima Daigaku. Sebelum ada komunikasi-komunikasi tersebut, sejujurnya melanjutkan kuliah ke S3 itu hanya ada dalam awang-awang, walaupun sebenarnya di kampus atau di pertemuan komunitas Indonesia banyak bertemu dengan teman-teman yang sedang mengambil program S3.

Ide tersebut hanya sekadar impian tanpa antusiasme yang apabila diwujudkan dalam bentuk kalimat adalah “Ya kita lihat saja nanti.” Namun, kesempatan berkomunikasi yang terjadi baru-baru ini menyadarkan impian tersebut; seolah memberinya sayap agar ia bisa terbang. Tentu tidak sekarang, harus ada tempaan terlebih dahulu agar suatu saat nanti ia dapat terbang dengan tidak hanya bebas namun juga tidak kehilangan arah.

Bermula ketika menghadiri presentasi teman dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang sedang mendapatkan kunjungan dari Kepala Pusdiklat-nya, dimana pada kunjungan tersebut Pak Kapusdiklat mendukung sepenuhnya apabila teman-teman dari Kemenperin ingin melanjutkan S3 langsung, tentunya apabila sudah jelas mengenai pembiayaannya, tanpa perlu kembali dulu ke unit asal setelah menamatkan S2. Dan teman-teman dari Kemenperin yang juga hadir pada saat itu nampak sangat gembira dengan pernyataan Pak Kapusdiklat-nya, sedangkan saya di saat yang sama hanya bisa bergumam dalam hati, “Ini teman-teman semangat sekali untuk melanjutkan S3. Padahal perjalanan S2 masih lumayan panjang.”

Lantas kemudian yang juga berperan serta membangkitkan impian ini adalah pertanyaan yang sama yang dilontarkan oleh beberapa orang di kesempatan berbeda dalam waktu yang cukup berdekatan, “Kamu ada rencana melanjutkan ke S3?” Pertanyaan-tersebut pertamanya mungkin hanya saya anggap angin lalu, namun lama kelamaan karena ditanyakan berulang kali, pertanyaan itu seolah-olah bermetamorfosis menjadi sebuah tantangan “Kamu ada keberanian melanjutkan ke S3?”

Tantangan ini kemudian menjadi bahan perenungan di beberapa hari setelahnya.

It feels like someone inside me is shouting directly to my mind, “It is time for you to wake up! If you stop now you’ll be left behind! The opportunity is there, it’s always there actually, it’s going nowhere. You just need to wake up, and take it by yourself!”

Lalu yang terakhir adalah komunikasi dengan Mas Kurniadi, salah satu alumni Hiroshima Daigaku dan juga rekan kerja di Kementerian Keuangan, yang mengabarkan bahwa saat ini beliau mengambil S3 di Leeds University Business School. Beliau ini merupakan rekan seperjuangan ketika kami tes wawancara untuk mendapatkan beasiswa dua tahun yang lalu. Namun program beasiswanya berbeda, aku mendapatkan beasiswa S2 dari JICA sedangkan beliau beasiswa S3 dari World Bank. Komunikasi yang ini membuat saya semakin mempertanyakan kemampuan diri sendiri, “Melanjutkan ke S3, apalagi di Inggris; mampu tidak ya?” Mengingat catatan nilai akademis dari mulai SMU, D3, S1, dan sekarang S2-ku yang tidak terlalu istimewa, sebenarnya pertanyaan tersebut wajar adanya.

Ketika saya berbicara dengan Sensei untuk mengabarkan mengenai Mas Kurniadi yang sekarang sedang melanjutkan S3 di Leeds, karena kebetulan Mas Kurniadi dulu meminta recommendation letter ke Ishida Sensei, beliau berkata, “I would like to study in England. I’ve been there once. Have you, Arif-san?”

“No, Sensei. I haven’t been there,” jawabku. “So follow him. I’m too old. It’s your turn now,” lanjutnya sambil tersenyum.

Waktu itu saya tidak punya jawaban yang pasti karena belum yakin. Dan di sinilah peran orang-orang terdekat, terutama istri, mengambil peran dominan untuk menguatkan sayap dari impian tersebut. Dukungannya memberikan semangat dan keyakinan agar impian tersebut bisa terbang, terutama agar saya yakin dengan kemampuan diriku sendiri. Sekarang, apabila waktu diputar kembali dan Sensei melontarkan hal yang sama, aku sudah punya jawabannya:

“Haik, Sensei! Your wish is my command.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s