Gawai

This slideshow requires JavaScript.

Menurut Elly Risman, alat permainan terbaik untuk anak adalah tubuh bapak atau ibu-nya. Saya setuju. Tak terbantahkan karena itu bisa meningkatkan hubungan emosional antara anak dan kedua orang tuanya.

Namun hal tersebut tidak lantas membuat saya dan istri melarang Kei bermain-main dengan gawai. Walaupun tentu saja dengan batas tertentu. Bagaimanapun, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Dari hasil pengamatan saya, pemakaian gawai dalam skala tertentu telah berperan menjadikan ruang imajinasi Kei berkembang cukup pesat. Contohnya, karena beliau paling suka memperhatikan Thomas & Friends di YouTube, maka saya pun sering membelikannya mainan kereta-keretaan itu sampai terkumpulah beberapa kereta, melengkapi satu shinkansen dan maglev yang sudah ada.

Setelah ada kereta-keretaan itu, frekuensi pemakaian gawai menjadi berkurang karena Kei lebih suka bermain Thomas & Friends langsung daripada hanya menontonnya di dunia maya. Beliau sering mengkombinasikan mainan itu dengan mainan kendaraan lainnya.

Menjejerkannya begitu saja, selayaknya sedang parkir paralel, atau sekadar memegang lokomotifnya dan membuatnya melaju secara manual bersama-sama, “Balapan, Pap,” katanya.

Pada waktu-waktu menjelang tidur kadang saya malah menyodorkan gawai—sebagai ‘lullaby’. Biasanya beliau menonton video kereta api beberapa saat, lantas kemudian terlelap seperti di gambar 4.

***

Apap percaya, suatu waktu di masa depan, imajinasimu akan menjadikan bumi ini menjadi tempat yang lebih baik, Nak.

Love you to the moon and back—as always. 😘

Published by

apsulistiono

Salah satu orang yang percaya bahwa pemikiran harus dituliskan agar ia tidak musnah; cita-cita harus dinyatakan agar ia tidak terlupakan; dan pengalaman harus dibagi untuk menjadi pelajaran. Email: arifpras[at]hotmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s