Mesin Jahit Ibu

Ibu punya banyak cerita tentang mesin jahit dan kemampuan menjahitnya: kemampuan yang banyak berjasa mengantarkan kami berempat lulus kuliah sampai jenjang minimal S1. Walaupun sebenarnya, usaha jahit Ibu hanya usaha jahit rumahan yang mana pelanggannya adalah orang-orang terdekat yang mengetahui kalau Ibu bisa menjahit.

Dulu, mesin jahit Ibu bermerek Butterfly. Entah sekarang masih berfungsi dengan baik atau tidak. Namun yang jelas, bagi Ibu, saya yakin mesin jahit manual berwarna hitam itu telah menyimpan banyak kenangan yang tidak akan mungkin terlupakan.

Dengan tidak bermaksud merusak kenangan itu, dan atas saran Amam agar Ibu tidak terlalu bosan tinggal sementara waktu di Bekasi, saya pun membelikan Ibu mesin jahit baru: Janome. Pada awalnya Ibu sempat kesulitan karena mesin jahit itu mempunyai lebih banyak fungsi daripada mesin jahit Ibu sebelumnya. Namun, dengan bantuan Adik dan YouTube, Ibu ternyata bisa menguasai mesin jahit tersebut dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Terbukti, ketika saya pulang kantor beberapa hari yang lalu, baju lebaran untuk Kin sudah jadi, “Selama ada desain contohnya mah engga terlalu sulit,” kata beliau. Tapi yang membuat saya kagum sebenarnya adalah baju itu dibuat hanya dalam waktu satu hari saja. SATU HARI!

Yang utama bagi kami mah, semoga Ibu bahagia dengan pemberian yang tidak seberapa itu.

Published by

apsulistiono

Salah satu orang yang percaya bahwa pemikiran harus dituliskan agar ia tidak musnah; cita-cita harus dinyatakan agar ia tidak terlupakan; dan pengalaman harus dibagi untuk menjadi pelajaran. Email: arifpras[at]hotmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s